Memilih Menu Hidangan Makanan Pesta Pernikahan ? Ini Tipsnya

Melaksanakan proses pernikahan adalah sebuah momen yang teramat penting bagi kehidupan insan manusia. Banyak persiapan yang harus dipersiapkan dalam memenuhi segala keperluan pesta pernikahan, salah satunya mempersiapkan menu makanan pesta pernikahan. Berikut cateringbekasiku.blogspot.com coba memberikan Tips Memilih Menu Hidangan Makanan Pesta Pernikahan.

Memilih Menu Hidangan Makanan Pesta Pernikahan ? Ini Tipsnya
Memilih Menu Hidangan Makanan Pesta Pernikahan ? Ini Tipsnya 

Unsur terpenting saat menyelenggaraan sebuah acara pesta pernikahan adalah memilih menu hidangan makanan yang akan dihidangkan bagi para tamu undangan. Dan, pesta pernikahan selalu identik dengan makan enak. Menyiapkan hidangan yang enak merupakan hal yang penting karena biasanya orang akan menilai keberhasilan suatu pesta pernikahan dari makanannya.

Bila menu makanan yang tuan rumah sajikan ternyata rasanya kurang lezat atau jumlahnya kurang, hal ini dapat membuat malu sekeluarga dan mengecewakan para tamu. Supaya terhindar dari hal-hal demikian, kamu bisa coba cara-cara berikut ini untuk menyiapkan menu makanan pesta pernikahan.

1. Menentukan Jumlah Porsi Makanan

Dalam menentukan porsi makanan merupakan salah satu hal yang penting untuk menyusun menu makanan pesta pernikahan. Jumlah makanan sebaiknya disiapkan lebih banyak dari daftar tamu undangan. Sediakan porsi makanan dengan jumlah 2 kali lipat dari jumlah undangan yang disebarkan, misal jika Anda menyebarkan 500 undangan maka sediakanlah makanan untuk 1000 orang. 
Tetapi biasanya hanya 85 – 90% tamu undangan yang akan hadir. Selain itu untuk menghitung jumlah buffet dan food stall yang harus disediakan, gunakan ratio buffet : food stall dengan perbandingan paling tidak 60 : 40. Untuk menghitung jumlah food stall, hasil perhitungan ratio tadi sebaiknya dikalikan 3, karena biasanya orang akan mengambil makanan maksimal dari 3 gubug.

2. Menyediakan Menu Makanan yang Bervariasi

Menyediakan menu dengan berbagai ragam jenis. Jangan sampai Anda menyediakan makanan yang semuanya serba daging, serba ikan, atau serba sayuran. Makanan yang bervariasi tentu membuat tamu undangan merasa tertarik. Sediakan beragam masakan agar para tamu undangan bisa memilih makanan yang sesuai dengan selera mereka. 
Sebaiknya menu pesta pernikahan tidak hanya terdiri dari makanan utama, tapi sediakan juga makanan ringan seperti es krim, puding, atau kue. Anak kecil yang ada dalam pesta pernikahanmu juga pasti akan menyukainya.

3. Menyesuaikan Menu Makanan dengan Tema Pernikahan

Menyesuaikan tema, apakah pesta pernikahanmu bertema tradisional Atau internasional? Bila pernikahanmu bertema tradisional, Anda bisa menyajikan menu dengan didominasi makanan daerah seperti bakso, sate, atau siomay. Anda juga bisa menggunakan peralatan makan tradisional agar nuansanya lebih terasa. 
Jika Anda menyelenggarakan pesta pernikahan dengan tema internasional, kamu bisa menghidangkan berbagai jenis makanan luar negeri sebagai menu utama, misalnya steak, kebab, atau buffet barbecue.

4. Memilih Menu yang Disukai Kebanyakan Orang

Memilih menu makanan yang pada umumnya sudah dikenal orang, bukan menu yang aneh atau kurang akrab di lidah orang Indonesia. Selain itu, sebaiknya kamu juga menyediakan makanan yang tidak merepotkan saat dimakan, karena banyak orang yang lebih menyukai makanan yang praktis. 
Hindarilah menu seperti ikan atau iga karena akan membuat tamu repot menyisihkan duri atau tulang dari dagingnya. Bagi para tamu, khususnya wanita, makanan seperti ini juga bisa merusak lipstik.

5. Disesuaikan Menu Makanan Dengan Daerah Asal Kedua Mempelai

Pada umumnya jenis makanan pada pesta pernikahan disesuaikan dengan tempat asal kedua mempelai. Menu makanan dalam pesta pernikahan juga bisa mengambil dari masakan khas daerah asal kamu. 

Demikianlah artikel tentang Tips Memilih Menu Hidangan Makanan Pesta Pernikahan. Pastikan menu makanan catering pernikahan yang disediakan sesuai dengan citarasa kamu, pasangan dan keluarga ya!